Friday, June 14, 2013

TEKNIK SIPIL, LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN



Ilmu Teknik sipil adalah Suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang ,membangun ,merenovasi gedung dan infrastruktur yang berasaskan pada lingkungan hidup sekitar. Dalam artian ,bahwa dalam membangun berbagai insfrastruktur yang merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat sipil harus melihat dan berorientasi pada lingkungan hidup. 
Adapun terkadang pembangunan yang dilakukan banyak yang tidak berwawaskan lingkungan sehat .Salah satu contohnya tidak sesuai dengan ruang hijau terbuka, sehingga penyerapan air kedalam tanah (infiltrasi) menjadi tehambat. Seperti yang dialami saat ini ,  kita sering mendengar bahkan mengalaminya dimana banjir melanda berbagai tempat di Indonesia , 
misalnya di ibu kota negara kita tercinta Jakarta . 



Paparan diatas dan gambar disamping merupakan hanya sebagian kecil contoh akibat kesalahan dalam membangun berbagai infrastruktur , termasuk didalam nya sitem irigasi .
Untuk itu teknik sipil sangat berperan penting dalam penyelesaian masalah ini.
Tanggung jawab dan komitmen dalam pembangunan berwawasan lingkungan perlu diperhatikan dan ditanamkan sejak dini sebelum hal yang tidak diinginkan seperti yang telah dikemukakan pada satu contoh diatas menjadi lebih buruk.
Apabila kita melihat kembali tujuan dari yang diharapkan masyarakat terhadap, khususnya para sarjana dibidang teknik sipil , yang bisa atau mampu membantu dalam pembangunan berbagai infrastuiktur dibutuhkan oleh khalayak.
Melihat hal itu , sebenarnya apabila dalam membangun berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat sipil tidak terjadi kesalahan dan mengabaikan lingkungn yang baik dan sehat , begitu luhurnya sesuatu hal yang dikerjakan atau sesuatu hal yang menjadi karya para sarjana teknik sipil. Mengapa? jelas bahwa disitu ada sifat melayani masyarakat luas .
Intinya " Mari mulai sekarang kita bangun sebuah ideologi pembangun yang sehat dan berwawasan lingkungan mulai sekarang ". 

* Sumber : http://irwanoktavianus.blogspot.com

No comments:

Post a Comment