Friday, June 14, 2013

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYEBARAN PENYAKIT



Penyakit dapat didefinisikan sebagai perubahan pada individu-individu yang menyebabkan parameter kesehatan merka berada pada di bawah kisaran normal. Penyakit menular adalah penyakit yang secara alamiah dapat berpindah dari seseorang kepada orang lain.

Berbagai jenis penyakit (menular dan tidak menular) sudah berkembang di lingkungan kita. Ada penyakit yang berkembang secara endemis di suatu wilayah karena penyakit ini sudah sejak lama berkembang di lingkungan tersebut. Ada juga jenis penyakit yang baru berkembang (new emerging diseases)di lingkungan kita seperti HIV/AIDS, SARS, Flu Burung. Penyakit ini menjadi ancaman baru bagi kesehatan masyarakat kita karena faktor hazard (lingkungan dan perilaku masyarakat) sebagai dampak globalisasi.

Ada empat faktor utama yang terkait dengan perkembangan berbagai jenis penyakit di masyarakat (lingkungan, perilaku manusia, keturunan, dan pelayanan kesehatan yang tersedia). Kondisi ini memengaruhi status kesehatan masyarakat.

Penyebaran penyakit dalam epidemiologi sering dibedakan atas tiga macam yakni penyebaran menurut ciri-ciri manusia, tempat dan waktu.

Ada tiga faktor yang berperan pada setiap kejadian (penyebaran) penyakit, yaitu:
1. Manusia sebagai tuan rumah (host)
2. Penyebab/hama penyakit (agent)
3. Lingkungan yang mempengaruhi (environment)

Faktor yang merupakan mata rantai itu ada 6, yaitu:
1. Adanya sumber penularan
2. Adanya hama penyakit
3. Adanya pintu keluar
4. Adanya cara penularan
5. Adanya pintu masuk
6. Adanya kerentanan

* Sumber : http://tika-pratiwi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment